About

Senin, 26 Agustus 2013

Sejarah dan Khasiat Batu dan Akik

Akik dapat membantu untuk hal-hal yang berhubungan dengan kepribadian secara fizikal dan emosional. Lagenda mengatakan bahawa pemakai Akik akan dilindungi dari bahaya dan membangkitkan pemakainya dengan keberanian. Akik dipercayai dapat menyembuhkan penyakit Insomnia (kesulitan untuk tidur yang parah), memberikan mimpi indah dan memberi ashbab bagi keseimbangan tubuh.
Jenis-jenis akik dengan kemampuannya
  • Akik Lumut
    Dapat meningkatkan hubungan dengan alam sekitar. Lumut Hijau membantu menghilangkan racun dalam darah dan menyeimbangkan energi emosional. Lumut Merah membantu membersihkan darah serta menambah stamina fisik
  • Akik pohon
    Menolong didalam melakukan introspeksi diri dengan lebih jelas, melihat dunia melalui sudut pandang yang lebih luas dan menurunkan demam serta kadar racun
  • Akik Garis/Pita
    Membantu dalam menarik kekuatan, mengatasi rasa tidak mempunyai cukup kekuatan atau keberanian
  • Akik Renda/Jalinan
    Mengatasi keputus-asaan dan depresi, menimbulkan kegembiraan serta relaksasi dari tegangan otot serta kejang. Akik renda biru membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan memberi ketenangan emosi.
  • Akik menyerupai bulu burung
    Menguatkan pembuluh darah dan mengatasi rasa takut tanpa sebab yang jelas. Berguna untuk mengurangi rasa takut dalam berburu atau menemukan arah
  • Akik bintik-bintik
    Perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara, salah satu batu para petualang
  • Akik Mata (kebanyakannya Akik Iran/Yaman/Sulaiman)
    Melindungi dari kerosakan pada tubuh dan menghilangkan pikiran negatif
  • Akik Dendrite
    Menyeimbangkan kadar gula darah. Merupakan batu para petualang untuk memberikan keamanan dan kekuatan
  • Akik India (dipercayai Akik Sulaiman)
    Memberikan kekuatan jasmani, mengatasi perasaan tidak aman/tidak sejahtera dan menghilangkan kelemahan fisik serta emosional
  • Akik Botswana
    Mengatasi ketidakpastian dari arah dan tujuan peribadi
Alexandrite
Alexandrite dapat menolong orang untuk memusatkan pikiran pada diri sendiri, meningkatkan rasa percaya diri dan memperbesar kemampuan untuk merasakan kebahagiaan. Di Rusia, Alexandrite dipercaya sebagai pembawa pertanda baik. Alexandrite juga dapat menstimulasi kekuatan sexual serta mengatasi rasa tidak cukup ada cinta didalam hidup seseorang.
Amethyst
Digunakan untuk meningkatkan kekuatan batin/spiritual serta kewaspadaan intuitif seseorang. Juga digunakan untuk meredakan sakit kepala. Lagenda mengatakan, menggunakan Amethyst atau minum dari cawan yang terbuat darinya, akan mencegah terjadinya keracunan.
Aquamarine
Aquamarine sering digunakan untuk suatu harapan baik didalam menjalani percintaan dan berbelas kasih. Dikatakan dapat menolong meredakan depresi dan kesedihan. Selain itu juga dipercaya dapat membangkitkan kembali rasa cinta pada pasangan yang telah lama menikah dan membantu mendapatkan teman-teman baru. Menurut legenda, memakai Aquamarine sebagai anting/giwang akan membawa cinta dan pengaruh baiknya. Kegunaan lainnya yaitu membantu mata/pengelihatan, mengurangi retensi cairan tubuh serta memberi keamanan dalam perjalanan melalui lautan.
Bloodstone
Kegunaan utamanya adalah menstimulasi aliran energi untuk semua penyembuhan, memerangi trauma phisik, menghilangkan pembatasan-pembatasan emosi dan menstimulasi peredaran darah. Bloodstone dipercayai dapat menghentikan perdarahan hanya dengan sentuhan belaka. Selain fungsinya untuk pengubatan tradisional, selama ini Bloodstone digunakan juga untuk menambah wawasan pandang seseorang terhadap dunia.
Carnelian
Carnelian digunakan untuk menjernihkan pikiran (tidak mampu untuk melihat kenyataan). Dapat menyeimbangkan proses berpikir dan kreatifitas serta meningkatkan level/tingkat energi. Sekitar tahun 1700 an, Carnelian dikatakan dapat memberikan kekuatan dan perlindungan, membawa keberuntungan serta kenyamanan. Di tahun 1800 an, Carnelian dianggap mampu menolong orang yang memerlukan keberanian untuk berbicara.
Chrysoprase
Chrysoprase sering digunakan untuk perlindungan spiritual dan mengatasi kelelahan jiwa/emosi. Sering disebut sebagai Batu Kemenangan (“Victory Stone”). Pada tahun 1800 an, Chrysoprase dikatakan dapat membantu pencuri untuk menjadi hilang dari pandangan (invisible). Khasiat lainnya yaitu memperkuat jantung dan mata, membantu konsentrasi dalam bekerja, mencegah mimpi buruk, mengusir iblis dan menghilangkan kerumitan pikiran. Batu ini baik dipakai oleh orang yang banyak bekerja dengan menggunakan otak (pengarang, pencipta lagu).
Citrine (cempaka)
Citrine dikatakan dapat membantu orang untuk berhubungan dengan arwah/Spirit, Membantu asimilasi dari makanan, membantu orang yang tidak cakap dalam berkomunikasi secara terbuka serta mengembangkan ketenangan mental.
Diamond (Berlian)
Diamond dapat meningkatkan kualitas diri dan kemampuan untuk melihat sesuatu dengan lebih jelas baik positif dan negatif, langsung dan jujur. Juga membantu mengatasi rasa ketidak amanan secara material. Semakin baik kualiti Diamond, semakin baik daya bantunya. Merupakan lambang dari keberanian yang tidak terkalahkan. Orang Hindu percaya bahwa Diamond yang kurang baik mutunya atau mengandung bercak, membawa sial hingga ia bahkan dapat mencabut/menghilangkan Batara Indra dari tempatnya yang tertinggi di surga. Di masa kini diamond dengan kualitas paling rendahpun (misalnya warnanya buruk), masih digunakan untuk keperluan industri.
Emerald (Zamrud)
Emerald digunakan untuk penyembuhan fizikal dan emosional iaitu mengatasi penyakit di saraf dan tidak adanya persepsi mahupun kejernihan batin. Di Persia dan sekitarnya dikatakan bahwa “Siapa yang memiliki pesona ini akan menikmati perlindungan khusus dari Tuhan”. Menurut legenda, Emerald berfungsi menguatkan memori dari pemiliknya, mempercepat daya pikir maupun kreativitas dan menolong untuk memprediksi masa depan.
Garnet
Menyeimbangkan gangguan di kelenjar Thyroid, mengatasi kurangnya toleransi terhadap orang lain, mengurangi kekerasan hati dan perasaan tidak mempunyai cukup populariti.
Goldstone
Goldstone dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara. Merupakan salah satu batu para petualang.
Jade
Jade dikatakan dapat membantu seseorang untuk relax dan bijaksana. Disebut sebagai batu dengan keseimbangan yang sangat baik, menolong seseorang untuk menyelaraskan pikiran dan tindakan serta mengatasi kekurang praktisan cara berpikir. Jade adalah intisari dari cinta, dihargai sebagai batu yang spesial. Dipercayai bahwa beberapa rahasia kebajikan akan menyerap ke dalam tubuh. Legenda mengatakan bahwa penjelajah Spanyol ke Amerika Tengah menggunakan jimat dari Jade untuk mencegah serta menyembuhkan sakit pinggul dan ginjal.
Kegunaan lain bagi kesehatan yaitu meningkatkan penyembuhan pada organ-organ vital.
  • Jade Hijau
    Dapat meringankan gangguan pencernaan, membantu fungsi hati dan mengurangi kerusakan pada mata.
  • Jade Merah
    Membantu memerangi penyakit kewanitaan, terutama pada organ kandungan
Jasper (Fatamorgana)
Jasper dapat mengusir jin/roh jahat dan melindungi terhadap ular maupun gigitan labah-labah. Bagi kesihatan, Jasper membantu proses penyembuhan dari lambung, menyeimbangkan kerja kelenjar endocrine. Di abad ke 4, Jasper dikenal sebagai pembawa hujan yang hebat.
Jenis-jenis Jasper dan bantuan yang dapat diberikan :
  • Jasper kulit Leopard
    dikatakan dapat memberikan orang apa yang mereka butuhkan.
  • Poppy Jasper
    Membantu memberi kebahagiaan didalam hidup.
  • Opalite Jasper
    Dapat membantu untuk tidur nyenyak
  • Jasper Coklat
    Membantu fungsi hormonal wanita dan mengatasi rasa tidak aman
  • Jasper Hijau
    Membantu fungsi usus kecil, mencegah sembelit, mengurangi kejang pada usus serta memerangi luka di lambung, selain itu juga mengurangi Stress/rasa tertekan yang parah maupun meningkatkan perilaku mental secara positif
  • Jasper Merah
    Menyeimbangkan kerja lambung dan pancreas, meningkatkan energi serta memberikan perlindungan terhadap tekanan dari pihak luar
Lapis Lazuli
Lapis membantu seseorang untuk lebih memahami diri sendiri dan meluaskan sudut pandang. Juga membantu ketidakmampuan seseorang untuk memerima kepemimpinan orang lain. Baik untuk menentukan pilihan antara kata hati dan nalar, memberikan kebijaksanaan dan kejujuran. Menurut legenda, Lapis melindungi pemakainya dari kekuatan jahat. Merupakan ubat untuk kemurungan jiwa dan demam tertentu serta menguatkan tubuh selama mengalami kesadaran spiritual.
Moonstone (Batu Rembulan)
Moonstone dikatakan dapat menyeimbangkan yin/yang, mengatur fungsi kelenjar Pituitary, menjernihkan dan meningkatkan panca indera. Juga membantu orang yang kurang sensitif/tanggap terhadap diri sendiri dan orang lain (mengurangi keegoisan). Di India, moonstone dihargai sebagai batu suci/keramat. Dipercaya akan membawa masa depan yang baik. Lagenda mengatakan bahwa Moonstone adalah hadiah yang sangat berharga untuk kekasih kerana akan membangkitkan gairah kelembutan dan biasa disebut sebagai batu yang menimbulkan cinta kasih.
Onyx
Onyx dan Sardonyx dapat membantu koordinasi tubuh, memberi perlindungan dari pengaruh buruk lingkungan sekitar serta dapat mengendalikan diri. Onyx Hitam digunakan untuk merubah suatu kebiasaan buruk. Onyx Mexico (chalcedony putih dan coklat) menolong agar tidur nyenyak. Sard adalah pelindung terhadap mantera atau ilmu sihir. Juga dapat menajamkan rasa humor dari pemakainya.
Opal
Opal digunakan untuk meningkatkan kewarasan akal yang kurang stabil, membantu seseorang memiliki kapasiti untuk berbagi rasa cinta dan meningkatkan kestabilan psikik. Orang Arab percaya bahwa opal jatuh dari surga saat banyak petir, dari situ Opal mendapat warnanya yang berapi. Zaman dulu Opal dianggap sebagai lambang kejujuran dan percaya diri. Opal sangat kuat pengaruhnya dalam ritual sihir. Kerana Opal berkualiti mengandung semua warna dari batu kelahiran lain, dapat dipergunakan atau diisi dengan energi serta kekuatan dari kombinasi semua batu kelahiran, juga digunakan untuk menggantikan batu kelahiran lain didalam menyebut mantra, ritual atau keperluan lain dari kekuatan sihir. Sering dihubungkan dengan alam maya dan penonjolan astral, juga digunakan untuk memanggil kembali kehidupan yang lalu (tiap warna mewakili sebuah kehidupan dari masa lalu). Opal memiliki kemampuan untuk penyembuhan, terutama meningkatkan kapasitas mental seperti imajinasi yang kreatif, kekuatan pikiran lain yang belum digunakan selama ini. Dari segi kesihatan Opal dipercaya dapat membantu proses asimilasi protein. Fire Opal sering digunakan di dalam kegiatan pengumpulan dana bagi yang memerlukan, biasa dikenakan sebagai Mahkota dengan kalung emas yang dikelilingi 10-12 Diamond, dipercaya mempunyai kekuatan untuk mengumpulkan wang yang hebat.
  • Opal Hitam
    Alat pilihan tukang sihir/sulap, digunakan untuk meningkatkan penerimaan terhadap sulap/sihir mereka dan juga menonjolkan kekuatan mereka. Opal Hitam yang dikenakan dekat jantung sebagai kalung dan terbuat dari emas dikatakan dapat mengusir Syaitan, melindungi orang dari mata Syaitan, melindungi pengembara dalam perjalanan menuju tempat yang jauh. Opal juga telah digunakan sebagai ramuan ajaib untuk menyembuhkan tubuh, mengusir mimpi buruk dan sebagai alat untuk meningkatkan energi.
  • Opal Putih
    Digunakan pada ritual disaat malam bulan purnama, dikatakan membawa kekuatan dari Dewi Bulan bagi tercapainya harapan bagi orang yang melaksanakannya
Opal sangat dihargai pada abad pertengahan, disebut sebagai “ophthalmios” atau “Batu Mata,” oleh kerana kepercayaan yang luas bahwa Opal bermanfaat bagi indra pengelihatan dan menyembuhkan penyakit mata. Wanita berambut perang memakai kalung Opal untuk melindungi dari hilangnya warna rambut mereka. Opal Hitam dihargai sebagai batu yang sangat membawa keberuntungan.
Pearl (Mutiara)
Mutiara menolong seseorang untuk lebih mengenal diri sendiri dan meningkatkan penghargaan terhadap dirinya. Mutiara membuat pemakainya dapat merasakan cinta dari orang yang memberi mutiara tersebut serta meningkatkan kewanitaan Kegunaan lain iaitu membantu terbentuknya antibodi dan melawan infeksi serta membantu ketidakmampuan seseorang dalam mendidik orang lain.
Peridot (Zabarjad)
Peridot digunakan untuk membantu agar impian seseorang dapat jadi kenyataan. Lagenda menyatakan bahwa bajak laut menyayangi Peridot karena melindungi dari kuasa kegelapan/syaitan. Jika Peridot diikat dengan emas (menjadi perhiasan emas), akan melindungi pemakainya dari niat tidak baik manusia di malam hari. Untuk kesihatan, Peridot membantu fungsi dari mengalami ketegangan emosional/stress.
Quartz
Quartz digunakan untuk keseimbangan, meningkatkan energi, mengatasi fikiran negatif, menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan berbagai penyembuhan. Quartz juga mengatasi perasaan tidak diinginkan atau penolakan yang diterima seseorang. Quartz bening tanpa warna yang dibentuk sebagai bola kristal, telah digunakan oleh peramal sejak abad pertengahan untuk melihat dan memperkirakan masa depan.
Jenis-jenis Quartz dan bantuan yang dapat anda terima adalah :
  • Druzy Quartz
    Membantu seseorang yang tidak memiliki kecakapan untuk memahami persoalan (tidak mempunyai pengertian yang mendalam)
  • Rutilated Quartz
    Mengurangi cara berpikir yang negatifnya saja
  • Smokey Quartz/Kwarsa Coklat
    Memberi kestabilan emosional
  • White Quartz/Kwarsa Putih
    Meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri
  • Rose Quartz
    Digunakan untuk keseimbangan emosi bagi seseorang, untuk hati yang terbuka dan untuk meminta maaf/pengampunan. Rose Quartz juga dipercaya dapat mempertahankan keremajaan kulit serta mengatasi rasa rendah diri yang parah
Ruby (Delima)
Ruby dikatakan akan membuka hati seseorang terhadap rasa cinta, mengatasi rasa takut menjadi jelek dan tidak dicintai serta menghilangkan kekurang beruntungan. Ruby juga dipakai untuk perlindungan terhadap perilaku sensitif dan menghindari perilaku menyimpang (mencegah terjadinya schizophrenia). Menurut legenda zaman dahulu, Ruby mampu untuk merujukkan/mendamaikan sepasang kekasih.
Sapphire (Nilam)
Sapphire dapat menjernihkan fikiran, meningkatkan kedamaian, kebahagiaan serta meningkatkan motivasi dan orientasi tujuan hidup. Raja-raja dahulu kala mengenakan Sapphire di leher mereka sebagai pertahanan yang kuat terhadap bahaya (kononnya tolak bala). Batu ini akan melindungi pemakainya dari rasa syirik dan membuat mereka merasa dekat ke Tuhan. Batu dipercaya dapat membantu seseorang yang merasa tidak memiliki kesempatan untuk tujuan/akhir yang lebih baik. Untuk kesihatan Sapphire dapat meningkatkan kadar potassium, magnesium, calcium danmelepaskan depresi mental.
Topaz
Topaz digunakan untuk menambah kekuatan, mencegah terjadinya penyakit ginjal dan kandung kemih. Zaman dahulu, ukiran burung helang di batu Topaz digunakan untuk menyatakan niat baik dari seorang raja, ratu dan hartawan. Orang Yunani mempercayai Topaz memberikan kekuatan. Topaz juga membantu mengatasi rasa marah (menenangkan emosi) dan melindungi terhadap tekanan pihak luar.
Tourmaline
Tourmaline digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit jaringan lymphatic dan anemia. Juga digunakan untuk meningkatkan kesuksesan dan keberhasilan. Tourmaline Pink untuk perlindungan dan meningkatkan keseimbangan pada wanita, sedang Tourmaline Hijaumeningkatkan keseimbangan pada lelaki. Menurut lagenda, pemakainya akan diperingatkan dari adanya bahaya dan kekurang beruntungan.
Turquoise (Firuz)
Turquoise membantu orang dalam memulai usaha baru. Dapat memperingatkan pemakainya dari bahaya/penyakit yang akan menyerang dengan perubahan warnanya. Di abad ke 13 Turquoise dikatakan melindungi pemakainya dari jatuh, terutama dari kuda. Juga digunakan bagi relaksasi tubuh, mengatasi rasa was-was/bingung, kekacauan mental, menenangkan emosi. Orang Indian percaya bahwa jika turquoise direkatkan di busur, anak panah yang ditembakkan pasti akan mengenai sasarannya. Juga dipercayai akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan
Zircon
Seperti Crystal, Zircon digunakan untuk berbagai penyembuhan. Zircon membantu seseorang untuk berdamai dengan dirinya sendiri dan mengatasi perasaan negatif atau rasa frustasi serta meningkatkan perilaku positif. Juga membuat pemakainya lebih bijaksana, terhormat dan kaya. Hilangnya cahaya/kilau dari sebuah Zircon dikatakan memperingatkan akan adanya bahaya bagi pemiliknya.

Pandangan Masyarakat Kuno Mengenai Khasiat Batu Permata

Dalam bidang astrologi terutamanya yang berkaitan dengan kepercayaan timor bangsa India 9 planet dikaitkan dengan 9 jenis batu permata
  1. Matahari di kaitkan dengan Delima(Ruby)
  2. Bulan dikaitkan dengan Mutiara
  3. Marikh dikaitkan dengan Red Coral
  4. Mercury dikaitkan dengan Emerald
  5. Jupiter dikaitkan dengan Sapphire Kuning
  6. Venus dikaitkan dengan Berlian
  7. Saturn dikaitkan dengan Blue Sapphire
  8. Rahu dikaitkan dengan Gomedha(Garnet)
  9. Ketu dikaitkan dengan Cat Eye
p/s: Dalam astrology Hindu Rahu dan Ketu dikenali sebagai 2 planet yang ghaib dan Rahu dan Ketu adalah titik astronomi dilangityang dikenali sebagai north and south lunar nodes.
Dalam bidang batu permata walaupun ada diantaranya bukanlah jenis batu permata yang berharga namun kerana ianya ada kaitan dengan planet maka ianya kira sebagai sesuatu yang wajar kerana sifat pemulihannya.Apabila sinar cahaya diapplikasikan(dipancarkan) terhadap 9 jenis batu permata tersebut ianya merekodkan jarak atau ukuran gelombang
  • Delima70000
  • Mutiara70000
  • Coral65000
  • Emerald75000
  • Yellow Sapphire50000
  • Berlian60000
  • Blue Sapphire79000
  • Gomedha(Garnet)70000
  • Cat Eye70000
Ianya mungkin nyata dan jelas bahawa batu permata yang dinyatakan adalah umpama gudang yang menyimpan tenaga kosmos dan disebabkan oleh inilah tenaga positif yang kuat dipergunakan untuk tujuan yang bermanfaat. Sebagaimana ubat yang berkemampuan untuk memulihkan penyakit dengan daya tindak balasnya maka batu permata ini juga bertindak menentang dan mengurangkan daya atau rasa sakit yang disebabkan oleh kesan dari planet.Untuk memahami tenaga yang dilepaskan oleh batu permata itu perlulah kita mengetahui dan membandingkan sinaran yang terdapat pada planet yang dinyatakan.
Apabila cara ini diapplikasikan pada gerak atau sensasi yang bergetar pada planet tersebut kita mendapati keputusan begini
  • Matahari65000
  • Bulan65000
  • Marikh85000
  • Mercury65000
  • Jupiter130000
  • Venus13000
  • Saturn65000
  • Rahu35000
  • Ketu35000
Kesemua gerak sensasi planet ini adalah negatif .Gelombang negatif ini perlulah di stabilkan dengan gerak sensasi positif batu permta atau ubatan. Penderitaan dari penyakit yang sering menyerang kita boleh di kategorikan dengan 4 kumpulan
  1. Rohani
  2. Mental
  3. Fizikal
  4. Sifat Keduniaan/ material
Apabila radiasi gelombang di applikasikan kepada batu permata satu kesan yang agak menakjubkan batu permata bertindak sebagai satu gudang penyimpan tenaga yang berfungsi atau bertindak membantu dalam bentuk sensasi getaran terhadap gejala penyakit.Perlu diketahui bahawa gelombang atau pancaran yang di keluarkan oleh planet bersifat negatif dimana pancaran gelombang batu permata pula adalah bersifat positif dan apabila positif dan negatif bertemu keduanya distabilkan .
Batu permata ini dikatakan setidaknya dapat membantu memulihkan beberapa jenis penyakit yang terdapat pada diri manusia dengan tindak balasnya yang tersendiri.Energy atau tenaga adalah elemen dalam bentuk gelombang dan pancaran.Pancaran ini mengandungi kesemua elemen atau kimia dalam bentuk zarah yang halus.Batu permata menyerap beberapa pancaran gelombang yang tertentu dan meyalurkannya kedalam tubuh dimana ianya segera berubah dalam bentuk elemen dan kimia iaitu hal yang merupakan akibat atau kesan dari penyerapan dan tindak balas tersebut dimana tubuh badan akan mula berfungsi dengan betul secara fizikal dan mental.

Khasiat-khasiat

MARJAN ATAU CORAL
  1. Penolak sihir dan guna guna
  2. Pendinding anak anak dari macam macam penyakit
  3. Pengalak pertumbohan gigi untuk anak anak
  4. Penyebarak semangat riang...happy go lucky.
Batu Akik (Agate)
  1. Penyejuk Hati
  2. Kerezekian
  3. Menstabilkan aura seseorang.menstabilkan emosi dan mengurangkan stress
  4. Akek Sulaiman adalah akik paling baik dalam ketogari.Diantara khasiat nya ialah Pengaseh,pendinding,pengerun dan perubatan penyakit dalam. Batu Sulaiman terbaik ialah bewarna Unggu,bening Terang dan ada garis garis putih dan ada segi tiga bintang....di panggil BATU SULAIMAN WULUNG SEMBAHYANG...Dan ini lah yang paling banyak Khasiatnya ialah:
    • Penenteram jiwa dan sanubari
    • Menjauh kan Angan angan jahat
    • Kecurangan Hati
    • Menuntun ke arah kesolehan/kebaikan
    • Pengaseh
    • Menuntun ke arah kebaikan hati yang jujur,adil dan tekun ibadah kepada ALLAH SWT
    • Mencerdas kan otak dan penerang hati
    • Menerang kan mata,penolak bahaya manusia dan binatang liar juga Ular berbisa
    • Menjauhkan dari penyakit menular
    • Air rendaman Batu ini bolih menggubat penyakit dan membunoh kuman
    • Penolak sihir dan syaitan

1 komentar:

  1. https://www.facebook.com/groups/608831849171600/

    SILAHKAN JOIN DGN GRUP FB DIATAS SEMOGA BERMANFAAT. THANKS. WASSALLAM

    BalasHapus